Keunggulan dan Kekurangan Rangka Baja Ringan

Advertisement
Penggunaan atap dengan rengka baja ringan kini telah menjadi tren tersendiri dan masyarakat mulai meninggalkan rangka kayu untuk atapnya. Baja ringan lebih tipis dan lebih ringan dari baja biasa. Banyak sekali keunggulan atap menggunakan rangka baja ringan yang diaplikasikan pada berbagai desain rumah minimalis saat ini. Namun sebelum membahas keunggulannya, mari membahas mengenai kekurangan dari penggunaan atap rangka baja ringan.

Rangka Baja Ringan

Kelemahan yang pertama adalah seratnya yang tak tampak menarik jika tak ditutup oleh plafon, berbeda dengan serat kayu yang dapat dibiarkan tanpa penutup plafon dan akan tetap menarik. Baja ringan memiliki struktur yang menyerupai jaring, sehingga apabila terjadi salah perhitungan pada salah satu sisinya, maka kerusakan akan menyebar ke seluruh rangka atap baja ringan tersebut.

Maka perhitungan yang tepat dari seorang ahli sangatlah dibutuhkan untuk menghindari kemungkinan salah hitung yang akan mengancam keselamatan anda dan seluruh anggota keluarga anda. Dan kelemahan yang terakhir adalah baja ringan tak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk sesuka hati.


Setelah membahas berbagai kelemahan baja ringan, kini mari membahas kelebihan dan Keunggulan atap menggunakan rangka baja ringan. Baja ringan memiliki bobot yang jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan kayu, maka beban yang harus ditanggung oleh struktur dibawahnya pun lebih ringan dan lebih irit pemakaiannya. Lalu, baja ringan tak akan membesarkan api, berbeda dengan rangka atap kayu yang akan dengan mudah terbakar dan membuat api berkobar lebih besar.

Keunggulan selanjutnya adalah struktur atap rumah yang terbuat baja ringan, tentu saja, tak akan terkena wabah rayap, berbeda dengan kayu yang sangat mudah rapuh karena rayap. Dan pemasangan baja ringan lebih cepat dan lebih praktis jika dibandingkan dengan rangka kayu. Dan keunggulan lainnya adalah baja ringan nyaris tak mempunyai nilai susut ataupun muai, sehingga tak akan terpengaruh oleh perubahan suhu yang terjadi.
Advertisement
Keunggulan dan Kekurangan Rangka Baja Ringan | bongas blog | 5

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.